ANAKKON HI DO HAMORAON DI AHU

Salah satu prinsip atau tradisi turun-temurun masyarakat Batak yang sangat membanggakan adalah prinsip “anakkon ki do hamoraon di ahu”. Dimanapun orang Batak berada, prinsip yang sudah menjadi salah satu falsafah hidup orang Batak ini, selalu menjadi patokan yang mendasari aktivitas atau motivasi mereka dalam mendidik anak-anaknya. Sebisa mungkin, pendidikan bagi anak-anaknya diberikan hingga ke jenjang yang paling tinggi, atau memberikan pendidikan seni sesuai dengan talenta atau keterampilan anak-anaknya.

Pak Pantun Sihombing, misalnya, memberikan les atau keterampilan bermain piano bagi putrinya, dan mendapat ujian atau sertifikasi dari pemerintah setempat. Putrinya yang sangat mahir bermain piano ini sering diundang pada acara-acara ibadah atau kegiatan lainnya. Meskipun usianya masih sangat belia, namun dengan talenta, kemampuan berbahasa Inggris dan pemahaman notasi yang luar biasa, bukan hal yang mustahil akan muncul pianis Batak andalan dari Australia. Dan inilah yang juga menjadi harapan orang tuanya, dengan memberikan kesempatan untuk belajar seluas-luasnya kepada putra dan putrinya.

Pertemuan-pertemuan, saling berkomunikasi dan beribadah merupakan salah satu kunci untuk dapat bertahan di negeri orang. Selain itu, pemeliharaan Tuhan juga patut disyukuri. Salah seorang anggota masyarakat Batak mengatakan bahwa doa dan perenungan akan Firman Tuhan serta iman kepada Allah yang hidup merupakan modal utama dan bekal hidup untuk dapat berhasil dan bertahan di negeri orang. Salah seorang pemuda Batak yang tergabung dalam komunitas Batak Brisbane tersebut memberikan salah satu ayat Alkitab yang menjadi pegangannya dalam merantau, yakni Yosua 1:8 “Unang meret buku ni patikon sian pamanganmu, sai pingkirpingkiri ma i arian dohot borngin, asa diradoti ho, jala dipatupa ho, hombar tu sude na tarsurat di bagasan i, asa maruntung ho di angka dalanmu, jala marmulia parulaonmu”.

Itulah sekilas mengenai kehidupan dan aktivitas masyarakat Batak yang terdapat di Brsibane, Australia. Tentu saja, untuk mempertahankan eksistensinya, selain berinteraksi dengan sesama warga Indonesia, hubungan dengan masyarakat Australia juga mutlak diperlukan. Dan, tentu saja, tradisi turun temurun yang menjadi ciri khas orang Batak tersebut tetap dipertahankan dan dilaksanakan dimanapun mereka berada. Horas!

1 komentar:

  1. Horas, kita Bangga sebagai orang Batak dimanapun kita berada. Terima kasih atas Tulisan Anda. Lihat Instagram kami, batakmedilong.de. Salam kami dari Jerman. Danke.

    BalasHapus